Leadership Development Program

Leadership Development Program adalah Sebuah Program Persembahan Yayasan Daya Bhakti Pendidikan UI (YDBP UI) bagi mahasiswa UI untuk Menggali dan Mengembangkan Wawasan, Kepemimpinan, serta Pemberian Pinjaman Lunak (soft loan) untuk Mahasiswa guna Menyelesaikan Pendidikannya.

Leadership Development Program

Leadership Development Program mencakup:

  1. Pelatihan Kepemimpinan
  2. Pelatihan Keterampilan Presentasi
  3. Pelatihan Keterampilan Belajar
  4. Pelatihan Persiapan Dunia Kerja
  5. Seminar dan Diskusi Tokoh
  6. Company Visit
  7. Proyek Sosial
  8. Student Loan* yang mencakup:
    1. Living Allowance Rp 1.000.000,-/ bulan
    2. Subsidi BOP & DKFM hingga:
      • Rp 2.300.000,- untuk Fakultas berbasis Eksakta
      • Rp 1.800.000,- untuk Fakultas berbasis Sosial & Humaniora

* Diberikan hingga akhir semester 8

Syarat Keikutsertaan Program:

  • Mahasiswa S1 Reguler UI semester 2 atau semester 4
  • Tidak sedang menerima dana bantuan pendidikan lain
  • Lulus Semua Tahapan Seleksi Penerimaan:
    • Seleksi Administratif
    • Seleksi Psikologis

FREQUENTLY ASKED QUESTION (FAQ)

  • YDBP UI ITU APA SIH?

    YDBP UI atau Yayasan Daya Bhakti Pendidikan Universitas Indonesia, adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh Universitas Indonesia untuk membantu meningkatkan kualitas individu serta menangani sebagian masalah finansial dari peserta didik. Sejak 2008, YDBP UI fokus dalam menggali dan mengembangkan karakter dan kemampuan intelektual dari Penerima yang merupakan Mahasiswa-mahasiswa UI terseleksi, dengan harapan setelah lulus nanti para Penerima dapat menjadi individu yang berkualitas dan menjadi Pemimpin yang menebar kebaikan serta manfaat bagi lingkungan sekitarnya.

  • APA SAJA PROGRAMNYA?

    Dalam rangka pengembangan karakter dan kemampuan intelektual, YDBP UI membekali Penerimanya dengan beberapa program berikut:

    1. Training pengenalan diri (diselenggarakan dalam beberapa tahap)
    2. Seminar, bertemu tokoh untuk berbagi wawasan (1 semester 2 kali)
    3. Study skills training series yang menunjang aktifitas belajar Penerima
      1. Teknik presentasi
      2. Membaca cepat
      3. Menulis Kreatif
    4. Proyek sosial untuk penajaman kepekaan sosial (Penugasan penerima untuk mempelajari masalah sosial yang ada di masyarakat serta memberikan solusi bagi penanganan masalah tersebut)
    5. Persiapan dunia kerja
      1. Company Visit
      2. Pelatihan 7 Habit of highly effective People

    Programnya dirancang khusus oleh professional di bidang pengembangan sumber daya manusia. Waktunya dirancang dengan memperhatikan jadwal perkuliahan atau waktu belajar sehari2 si penerima.

    Selain itu, Penerima juga akan ditunjang dengan pemberian dana bantuan dalam bentuk softloan.

  • KENAPA PINJAMAN LUNAK?

    Dana Bantuan yang tersedia memang dirancang dalam bentuk pinjaman lunakā€¦ itu berarti semua dana yang diberikan untuk membiayai BOP, DKFM dan living allowance, adalah sebuah pinjaman yang nantinya harus dikembalikan setelah lulus kuliah dengan cara mencicil dan tanpa bunga. Bentuk pinjaman lunak dipilih karena beberapa maksud berikut:

    1. Memberikan kebanggaan kepada Penerima karena pada dasarnya pembiayaan kuliah dengan pinjaman lunak itu berarti Penerima telah mampu kuliah dengan biaya sendiri.
    2. Bentuk pinjaman lunak ini diharapkan mampu memberikan tanggung jawab yang lebih kepada Penerima untuk lebih serius memperhatikan pendidikannya.
    3. Penerima dapat ikut berpartisipasi aktif dalam memajukan pendidikan di almamaternya dengan memberikan kembali dana pendidikan yang dipinjam untuk digunakan membiayai pendidikan dari adik-adik kelasnya.
  • BESAR DANA BANTUAN

    Besaran dana bantuan pinjaman yang diberikan bervariasi untuk setiap penerima, mengingat bervariasi pula besaran BOPK & DKFM yang dibebankan kepada setiap Mahasiswa UI. Untuk Penerima yang berasal dari Fakultas berbasis eksakta, YDBP memberikan bantuan BOP dan DKFM hingga 2,3 juta per semester, sementara untuk Penerima yang berasal dari fakultas yang berbasis social diberikan bantuan hingga 1,8 juta per semester. Itu berarti Penerima yang BOP dan DKFM nya di atas angka tersebut harus melunasi sendiri sisa tagihannya.

    Selain bantuan BOP dan DKFM, YDBP UI juga memberikan uang saku (living allowance) sebesar 1 juta per bulan. Dana bantuan ini akan terus diberikan hingga akhir semester 8 dengan opsi perpanjangan hingga lulus jika Penerima mengajukannya. untuk BOP dan DKFM akan langsung ditransfer ke rekening UI setiap semesternya, sementara untuk living allowance akan diberikan langsung kepada si penerima setiap bulan.

  • PEMBAYARAN KEMBALI BAGAIMANA?

    Setelah lulus kuliah, Penerima akan diberikan masa tenggang selama 1 tahun, stelah itu Penerima akan diminta untuk mulai melakukan cicilan dalam kurun masa 9 tahun setelahnya. Pembayaran cicilan ini dibagi ke dalam 4 periode,

    • Periode I, (2 tahun pertama) Penerima wajib melunasi 10% dari total pinjamannya. Itu berarti setiap bulannya Penerima wajib melunasi 0,42% (10% dibagi 24 bulan) dari total pinjaman
    • Periode II, (2 tahun kedua) Penerima wajib melunasi 20% dari total pinjamannya. Itu berarti setiap bulannya Penerima wajib melunasi 0,83% (20% dibagi 24 bulan) dari total pinjaman
    • Periode III, (2 tahun ketiga) Penerima wajib melunasi 25% dari total pinjamannya. Itu berarti setiap bulannya Penerima wajib melunasi 1,04% (25% dibagi 24 bulan) dari total pinjaman
    • Periode IV, (3 tahun terakhir) Penerima wajib melunasi 45% dari total pinjamannya. Itu berarti setiap bulannya Penerima wajib melunasi 1,25% (45% dibagi 36 bulan) dari total pinjaman
  • APAKAH PERLU ADA JAMINAN BERUPA IJAZAH YANG DITAHAN ATAU SEMACAMNYA?

    Tidak. Kami percaya setiap Penerima yang berhasil lolos semua tahapan seleksi kami yang ketat, dan mengikuti setiap program pengembangan yang kami berikan, akan berkembang menjadi seorang manusia dewasa yang punya integritas moral yang tinggi. Jadi tidak perlu ada jaminan untuk memastikan semua pinjaman kembal